Selasa, 25 Desember 2012

SENI TEATER


BAB I
 
A. PENGERTIAN TEATER 

Pada pembelajaran kita tentang teater, setidaknya ada tiga istilah yang akan ditemukan di dalamnya dan harus dipahami dengan benar agar dalam penerapannya tidak terjadi kesalahpahaman. Ketiga istilah tersebut adalah teater, drama, dan sandiwara.

Istilah drama dan teater keduanya berasal dari khasanah kesenian Barat dan bukan merupakan kata asli Indonesia. Drama dan teater dalam pandangan masyarakat kita dewasa ini memiliki pengertian yang sama. Kata drama selalu identik dengan semacam pertunjukan. Hal ini terbukti dengan munculnya istilah pertunjukan drama untuk menggantikan pementasan teater atau sandiwara.
Kata drama tampaknya jauh lebih dikenal daripada teater. Bahkan dalam industri film dan sinetron dikenal pula.istilah film drama dan sinetron drama sebagai pengganti istilah film cerita di seputar kehidupan rumah tangga atau percintaan. Istilah film drama sebagai jenis cerita ini diimbangi pula dengan munculnya istilah lain untuk membedakan antara yang satu dengan lainnya, seperti istilah film laga (terjemahan dari film action), film silat, film fiksi ilmiah, film kartun, dan sebagainya. Sementara itu istilah teater lebih mengacu kepada pengertian gedung pertunjUkan'tempat pemutaran film atau bioskop.
Seni drama dan teater, sebagai salah satu cabang kesenian yang masing-masing berdiri sendiri, sebenarnya bukanlah jenis kesenian baru, bahkan dapat dikatakan sebagai cabang seni yang sudah sangat tua. Sejak manusia mengenal peradaban, teater sudah ada. setidaknya istilah ini muncul dalam batas­-batas tertentu sebagai bentuk upacara ritual. Sejalan dengan perkembangan kebudayaan, maka fungsi drama dan teater pun kian bergeser luas merambah ke berbagai aspek kehidupan, terutama fungsi hiburan.

Istilah drama dan teater sebenarnya diambil dari budaya Barat. Baik drama maupun teater, keduanya mengalami perkembangan sendiri-sendiri dalam kegiatan seni, khususnya di Indonesia. Meskipun demikian, kedua istilah ini sebagai jenis kesenian tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya.

 
Kata drama diturunkan dari kata dromain (bahasa Yunani) yang mewakili pengertian-pengertian:

a.kejadian, risalah, karangan (zaman Aeschylus + 525 – 456 SM);

b.segala pertunjukan yang memakai mimik (Dictionary of World Literature).

  Sedangkan istilah teater, yang berasal dari kata theatron (yang diturunkan dari kata theaomai), berarti ‘dengan takjub memandang', melihat; atau dapat berarti 'a seeing place’ (Encydopaedia Britanica), mewakili pengertian:

a.gedung pertunjukan, panggung-. yaitu sejak zaman Thuycidides (471 – 395 SM) dan Plato (428 – 348 SM);

b.publik, auditorium; pada masa Herodotus (490 – 348 SM);

c.karangan tonil, seperti yang disebutkan dalam Kitab Perjanjian Lama.

selengkapnya silahkan download
http://www.4shared.com/file/55-_L8Hz/TEATER_BAB_I.html 

 


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About