Selasa, 25 Desember 2012

APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN

BAB II


  1. PENGERTIAN APRESIASI KARYA SENI RUPA
Mengapresiasi karya seni adalah landasan pokok mempelajari wawasan seni budaya. Selain buat memperluas pengetahuanmu tentang seni, hal ini juga bisa mendekatkanmu dengan seni. Kata apresiasi secara etimologi didapat dari bahasa Latin, yaitu appretiatus artinya “memberi putusan dgn rasa hormat sebagai cara buat menghargai sesuatu keindahan karya seni”. Dalam kamus umum Inggris-Indonesia to apreciate maknanya “menghargai“ appreciation artinya “penghargaan”. Mengapresiasi seni berarti berusaha mengerti tentang seni serta menjadi peka terhadap unsur di dalamnya sehingga secara sadar mampu menikmati, pada akhirnya dapat menilai karya seni secara baik.

Dalam melakukan apresiasi seni, ada beberapa pendekatan yang dapat dipilih, yaitu
  • Pendekatan Deskriptif

Pendekatan deskriptif adalah pendekatan yang dilakukan dengan mengamati dan memaparkan karya seni apa adanya. Misalnya, mengenai objek gambar, penggunaan warna, komposisi warna, tema, judul, orang yang membuatnya, tahun pembuatan, media yang digunakan, ukuran karya, dan waktu yang diperlukan untuk membuat karya seni tersebut.

  • Pendekatan Analitik 
Pendekatan analitik adalah pendekatan yang dilakukan dengan mengamati karya seni berdasarkan kaidah-kaidah estetika yang baku. Misalnya, melalui aspek tematik, teknik pengerjaan, penerapan asas kesenirupaan, serta makna atau arti yang tersirat di dalamnya.
  

Download selengkapnya
http://www.4shared.com/file/iZcscP2G/BAB_II.html 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About