Selasa, 25 Desember 2012

PENGERTIAN SENI

BAB III


A.  PENGERTIAN SENI

  • Ki Hajar Dewantara
Sebagai tokoh pendidikan, ki hajar berpendapat bahwa seni adalah segala perbuatan yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, hingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia.
  • Prof. Drs. Suwaji Bastomi
Seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetis yang dinyatakan dalam bentuk agung, mempunyai daya untuk membangkitkan rasa takjub dan haru. Agung merupakan pengejawantahan pribadi kreatif yang telah matang dan masak. Takjub adalah getaran emosi yang terjadi karena adanya rangsangan yang kuat dari sesuatu yang agung sedangkan haru adalah rasa yang dimiliki atau dimulai dari simpati dan empati yang kemudian dilebur menjadi terpesona dan akhirnya memuncak menjadi haru. 
  • Drs. Sudarmaji 
Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media garia, idang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.
  • Ensiklopedia Indonesia
Seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahan bentuknya orang senang melihat atau mendengarkanya.
  • Schopenhauer (bertolak dari seni musik)
Seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurutnya tiap orang senang dengan seni music meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak
 
Dari pendapat – pendapat di atas diketahui bahwa pada dasarnya seni merupakan hasil kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam sebuah karya, yang pada akhirnya dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihatnya.karya seni menimbulkan reaksi. 
 
Download selengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About