Selasa, 25 Desember 2012

ANYAMAN


A.  Prinsip Dasar Anyam
 
Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa mengerjakan kerajinan anyam adalah pekerjaan yang cukup sulit. Hal ini bisa dipahami karena mereka belum mengenap prinsip dasar anyam dan hanya mengenal anyaman dalam bentuk yang sudah baik, baik yang dibuat dari bahan bambu, rotan, mendong, daun pandan, maupun bahan sitetis.
Kerajinan anyam sebenarnya pekerjaan yang sederhana dan mudah dipelajari. Meskipun dibuat dari berbagai jenis bahan, dari yang bermotif sederhana sampai kepada motif yang berkesan rumit, jalinan anyam tetap bertolak dari dua prinsip dasar, yaitu jalinan sasag dan jalinan kepang. Dari kedua prinsip dasar anyam inilah aneka motif anyaman dapat dibuat. 
B.  Jalinan Anyam
Untuk menghindari kesalahan petunjuk dalam menjalinkan iratan, maka perlu diketahui istilah-istilah dalam pengerjaan anyaman.
Ada dua istilah yang perlu diketahui dalam pengerjaan anyaman, yaituPakandanLungsin”. Kedua istilah ini dalam teori anyam digunakan untuk membedakan lembar bahan anyam atau iratan ketika dianyamkan.
Pakanialah lembar bahan anyam atau iratan yang melintang (dari kiri ke kanan), sedangkanlungsinialah lembar bahan anyam atau iratan yang membujur (dari atas ke bawah). 
C.  Jenis Anyam Sasag
Anyaman sasag adalah jenis anyam yang dalam proses pembuatannya menggunakan cara mengangkat satu dan menumpangkan satu iratan pakan pada iratan lungsin secara selang-seling, atau bisa juga sebaliknya angkat satu dan menumpangkan satu lungsin pada pakan. Proses demikian dikenal dengan istilah “angkat satu-tumpang satu”. Secara visual, anyaman ini bentuk motifnya khas kotak-kotak dan terkesan kokoh.

 
selengkapnya downlod di sini

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About