Selasa, 25 Desember 2012

MERENCANAKAN PAMERAN SENI RUPA DAN DESAIN



A.  JENIS PAMERAN
  Dalam dunia kesenirupaan pada umumnya, terdapat berbagai kategori pameran, yaitu pameran seni, pameran produk, pameran pendidikan, dan pemeran tetap. Keempatnya memiliki karakter yang berbeda-beda, sesuai dengan misi dan tujuan pameran itu diselenggarakan. Ada yang bertujuan untuk kepuasan pribadi, promosi, dokumnetasi sejarah, transaksi penjualan produk, adapaun yang bertujuan untuk menunjukkan prestasi sebuah lembaga.
1.  Pameran Seni Rupa
  • Pameran Tunggal
  Pameran tunggal umumnya dipakai untuk menyebut pameran lukisan yang dilakukan oleh perorangan dan biasanya satu jenis karya seni. Pameran tunggal dapat pula berisi seni patung, keramik, grafis atau karya seni lainnya atas nama perorangan.

  • Pameran Kelompok
Pameran kelompok umumnya dipakai untuk menyebut pameran lukisan yang dilakukan berisi sekelompok seniman dan dapat beraneka jenis karya seni. Pameran kelompok dapat pula berisi seni patung, keramik, grafis, atau karya seni lainnya secara bersama-sama ataupun hanya satu jenis karya seni. Jika pameran dilakukan secara berkala dua tahun sekali, disebut bienale, jika tiga tahun sekali disebut trianale.
  • Pameran Restrospleksi
Istilah pameran restropeksi digunakan untuk menyebut pameran sejarah perjalanan seorang seniman dalam berkarya yang dilakukan oleh perorangan. Pameran restropeksi dapat berisi karya seni lukis, seni patung, keramik, grafis, atau karya seni lainnya atas nama perorangan.


downlod selengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About